Minggu, 05 Februari 2012

Konsep dan Fungsi Bisnis

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari Bisnis sebagai suatu system yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990] Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan[Griffin & Ebert] Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa : Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Aspek-aspek bisnis: • Kegiatan individu dan kelompok • Penciptaan nilai • Penciptaan barang dan jasa • Keuntungan melalui transaksi Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi 1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung • Pekerja/ Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba • DewanKomisaris Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan. • Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan 2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung • Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan • BangsadanNegara Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak  Elemen dan Sistem Bisnis  Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis  Bahan-bahan(materials) Merupakan factor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat  SumberDayaManusia(SDM) KualifikasiSDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi  Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen  Karakteristik Sistem Bisnis  Kompleksitas & keanekaragaman  Saling ketergantungan  Perubahan dan inovasi  Bentuk dasar kepemilikan bisnis  Perusahaan perseorangan,  persekutuan,  perseroan,  koperasi. http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=40034

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda terlihat jika di setujui Admin blog ini.